Baterai HP Kembung_ Simak 5 Penyebab Dan Cara Mengatasi Baterai Kembung dengan Tepat

Posted on


Baterai HP Kembung_ Simak 5 Penyebab Dan Cara Mengatasi Baterai Kembung dengan Tepat – Ada berbagai permasalahan pada HP android salah satunya baterai yang kembung. Keadaan semacam ini tentu membuat penggunanya merasa perlu segera mengganti dengan baterai baru. Namun, jangan terburu-buru mengganti atau membuangnya. Simak, penyebab dan cara mengatasi baterai kembung dengan tepat.

1. Mengusahakan Untuk Menggunakan Charger Asli Dan Sesuai

Salah satu penyebab baterai yang rusak seperti baterai kembung adalah karena penggunaan charger yang tidak tepat. Pasalnya penggunaan charger yang tidak tepat mampu mempengaruhi kinerja dari baterai misalnya daya listrik yang masuk ke HP terlalu berlebihan dan pengisian yang tidak maksimal. Oleh karena itu pengguna seharusnya menggunakan charger bawaan dari pabrik yang sepaket saat membeli HP dan tidak bergonta-ganti charger.

2. Charger HP Seperlunya Jangan Sampai Overcharging

Kebiasaan yang menyebabkan baterai HP bisa mengalami permasalahan yang berikutnya adalah saat pengguna terlalu lama dalam melakukan charger. Hal ini sangat sering dilakukan oleh banyak orang, misalnya melakukan pengisian saat malam hari dan mencabut charger dari stop kontak di keesokan harinya.

Cara mengatasi baterai kembung jika penyebabnya adalah hal semacam ini maka usahakan menghindari pengisian saat menjelang tidur, melakukan pengisian dalam jangka waktu yang sesuai jika petunjuk pengisian sudah ada di rentang 90%-100% ada baiknya charger segera dilepas.

3. Segera Lepas Baterai dan Simpan Pada Suhu Lebih Dingin

Saat baterai HP sudah terlanjur kembung maka pengguna bisa segera melepasnya dari badan HP. Caranya mudah dengan membuka bagian casing dan bagian belakang HP untuk mengeluarkan baterai. Setelah itu pengguna bisa memasukkan baterai pada ruangan yang sedikit lebih dingin sekitar bersuhu 16-22 derajat celcius. Bakteri yang menggembung biasanya disebabkan karena banyaknya gas yang dikandungnya.

Sehingga memasukkan baterai dalam wadah atau ruangan yang lebih dingin bisa meredakan efek kembung tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa kondisi baterai tetap aman dari air. Misalnya memasukkan pada kulkas maka usahakan dengan membungkus baterai dengan plastik yang aman dan kedap air. Namun tidak disarankan masuk ke dalam bagian freezer karena terlalu dingin.

4. Keringkan Baterai dan Simpan Pada Suhu Ruangan yang Sesuai

Setelah baterai masukkan dalam wadah yang lebih dingin. Maka pengguna bisa mengeluarkan baterai tersebut dan membiarkan sejenak dalam suhu ruangan agar kering. Sehingga sangat tidak diperkenankan untuk langsung mengeringkan dengan dijemur dibawah sinar matahari langsung. 

Penyimpanan baterai pada suhu ekstrim seperti terlalu panas atau dingin dalam waktu yang lama bisa merusak komponen baterai. Serta, tentunya membuat usia baterai tidak awet. Sehingga cocok menyimpannya pada suhu ruangan.

5. Memasang Baterai Kembali dan Konsisten Untuk Jaga Kondisinya

Cara mengatasi baterai kembung selanjutnya setelah menyimpan baterai di suhu ruangan adalah memasang baterai pada HP lagi. Tidak hanya itu, pastikan bahwa kondisi baterai telah kembali seperti normal. Cara mengeceknya dengan memasang baterai pada HP lagi.

Selain itu jangan lupa untuk menjaga baterai. Misalnya tidak menggunakan HP saat pengisian daya sedang berlangsung. Serta segera melakukan pengisian daya sebelum benar-benar habis atau 0% Dan tentunya menggunakan charger asli atau bawaan dari pabrik.

Pasalnya baterai memiliki peranan penting pada komponen HP. Oleh karena itu, penanganannya harus tepat. Demikian itu beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi baterai kembung dengan tepat dan tentunya mudah untuk dipraktekkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *