6 Langkah Cara Mengembalikan Pesan WA Yang Sudah Terhapus Dengan Mudah Dan Cepat

Posted on


6 Langkah Cara Mengembalikan Pesan WA Yang Sudah Terhapus Dengan Mudah Dan Cepat – Terkadang tanpa sengaja beberapa pesan penting di dalam WA chat terhapus, bahkan hilang. tentunya hal tersebut sangat mencemaskan, apalagi jika pesan chat berkaitan dengan bisnis. Maka, diperlukan langkah dan cara mengembalikan pesan wa yang sudah terhapus dengan mudah dan cepat. Sehingga kekhawatiran para pengguna WA dapat teratasi dengan baik.

Untuk menemukan kembali pesan chat yang terhapus atau hilang tentunya diperlukan cara yang yang praktis,  cepat dan mudah Sehingga tidak menambah kecemasan pengguna WA tersebut, tentunya dibutuhkan langkah atau cara yang tepat. Nah, cara mengembalikan pesan WA yang sudah terhapus dengan mudah dan cepat dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi WA Terlebih Dahulu

Langkah pertama untuk cara mengembalikan pesan wa yang sudah terhapus sebelumnya, maka perlu membuka aplikasi WA yang sudah terinstal. Copot atau uninstall terlebih dahulu aplikasi WA-nya, lalu pasang atau install ulang WhatsApp. Tunggu beberapa saat proses instalasinya, selanjutnya buka aplikasi WA tersebut untuk persiapan proses verifikasinya.

2. Segera Buka Akses Pengaturan

Sebelum membuka akses menu lain, pengguna WA sebaiknya memulai dengan menu pengaturannya. Cara pulihkan pesan WA selanjutnya adalah dengan mengklik ikon yang berbentuk titik tiga vertikal pada pojok atas kanan. Selanjutnya pilih menu Setting, lalu pilih menu Chats. Kemudian pilih menu chat backup yang terdapat dalam menu Chats, untuk mengatur pencadangan data dan media.

3. Tentukan Akun Backup

Sebaiknya pengguna memanfaatkan google drive sebagai tempat untuk mem-backup file atau medianya. Sehingga tidak mengalami kesulitan ketika terjadi sesuatu dalam penggunaan data  chat dan media di WA nya. Dalam memilih menu untuk mem-backup, maka pastikan terlebih dahulu akun google drive pengguna.  Gunakan akun dengan benar, agar tidak memberikan kesulitan di kemudian hari.

4. Lakukan Proses Backup

Dengan mengklik lanjutkan, maka pengguna sudah dapat memulai proses mem-backup data chat, file dan media. Maka, secara otomatis data chat, file dan media penggunaan akan terunggah ke Google Drive dalam jangka waktu tertentu, sesuai pengaturannya. Tapi bila dalam proses backup tersebut, foto maupun video belum diunduh, maka tidak bisa dilakukan backup pesannya.

5. Memulai Pemulihan Media Dan Pesan

Setelah proses verifikasi selesai dilakukan, maka cara mengembalikan pesan WA yang sudah terhapus dengan mengklik ‘PULIHKAN’. Untuk memulihkan pesan dan media yang selama ini tersimpan dalam data cadangan. Ada 2 pilihan data cadangan antara lain; lokal atau melalui Google Drive. Tentunya kedua pilihan tersebut tergantung dengan tingkat kebutuhan pengguna WA itu sendiri

Jika menggunakan cadangan lokal, maka pengguna harus mentransfer data atau file smartphonenya, dengan memakai komputer atau kartu SD-nya. Tetapi jika hendak menggunakan cadangan Google Drive, pengguna perlu memakai nomor kontak telepon serta akun Google yang sama. Hal tersebut  perlu mendapat perhatian dari pengguna WA, agar memudahkan untuk membuat cadangannya.

6. Lakukan Pemulihan Chat Pesan

Untuk memulihkan chat WhatsApp yang sudah terhapus, maka pengguna perlu menginstal terlebih dahulu aplikasi WA. Selanjutnya, pengguna Anda akan dapat notifikasi untuk melaksanakan proses Restore Backup. Maka, silahkan klik Restore tersebut , selanjutnya aplikasi akan mengunduh data pesan dan media sebelumnya. Cukup mudah dan praktis.

Nah, demikian cara mengembalikan pesan wa yang sudah terhapus dengan cepat dan mudah. Sehingga pengguna WA tidak perlu cemas maupun khawatir lagi apabila mengalami kehilangan data chat, file maupun media lainnya. Menggunakan backup melalui cadangan baik lokal maupun Google Drive menjadi langkah awal untuk mengantisipasinya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *