6 Langkah Cara Mengatasi Flashdisk Shortcut Mendadak!

Posted on


6 Langkah Cara Mengatasi Flashdisk Shortcut Mendadak! – Cara mengatasi flashdisk shortcut perlu sekali dilakukan untuk mengembalikan data-data penting yang tersimpan. Agar data-data dapat kembali dengan sempurna maka dibutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Berikut ini cara mengatasi flashdisk yang tiba-tiba berubah menjadi shortcut yaitu:

1. Lakukan Pengecekan Melalui Antivirus

Cara mengatasi flashdisk shortcut agar kembali normal, pertama kali pengguna harus melakukan pengecekan. Pengecekan yang dilakukan tersebut bertujuan untuk mendeteksi ada atau tidak virus. Pengecekan bisa dilakukan melalui antivirus di laptop.

Gunakanlah antivirus terpercaya, modern, dan  terbaru saat untuk melakukan pengecekkan tersebut. Apalagi, hal ini dikarenakan shortcut merupakan virus yang diakibatkan oleh dokumen dan aplikasi yang tersimpan di dalam media komputer.

Setelah itu, lakukanlah scanning untuk seluruh perangkat yang terdapat didalam laptop atau komputer. Klik menu full scanning, agar proses pembersihan virus berjalan optimal tanpa ada yang terlewati, dan lakukanlah scanning saat flashdisk ditancapkan.

2. Periksa Tipe Virus Shortcut

Saat melakukan scanning, penting sekali pengguna laptop ataupun pc untuk memastikan tipe virus. Ciri -ciri virus yang akan menyerang tersebut memiliki spesifikasi file autorun.inf dan file thumbs.db. Virus tersebut memicu shortcut menjadi permanen.

3. Pilih Menu CMD

Cara mengatasi flashdisk shortcut agar kembali dalam keadaan normal, bisa dilakukan dengan memilih menu CMD. Dengan membuka command prompt yaitu dengan cara klik menu Windows + R  dengan cara ketik CMD, lalu klik OK. Sehingga, CMD terbuka dan siap diakses.

Ketika menekan menu CMD, pastikan jika virus shortcut telah dilengkapi dengan fitur bernama real time scan. Fungsinya adalah, untuk bisa melakukan pemblokiran, menghapus, dan mendeteksi setiap virus yang masuk ke laptop.

4. Klik Menu Organize

Setelah masuk ke dalam menu CMD, cobalah klik pada bagian ‘Organize’. Cara ini bermanfaat sekali dalam hal mengatasi shortcut yang termuat di dalam flashdisk. Ditambah lagi, pada penekanan menu Folder and Search tersebut, pastikan jika keseluruhan termasuk bagian Options.

Lalu, aktifkan kolom menu yang terdapat pada setiap lampiran di dalam opsi ‘Show hidden files’. Dimana, pada setiap folder yang dimaksud, pilihlah menu drive. Tujuannya adalah agar data yang direvisi dapat tersimpan. Klik unchecklist pada ‘Hide protected system’. Sampai akhirnya muncul notifikasi di klik ‘Yes’.

5. Cek Kembali Status Virus Bagian Folder

Setelah itu, lakukan pengecekan kembali status virus di bagian folder. Dimana, pada pengecekan virus tersebut pastikan jika keadaan virus telah benar-benar stabil. Selanjutnya, klik menu pada folder yang bertuliskan status semi hidden. Kemudian, tunggu kembali hingga folder normal.

Pilihlah lokasi menu penyimpanan data flashdisk di kolom drive H. Cara yang paling tepat adalah dengan menekan menu H. Selanjutnya, tekan pada menu ‘attrib’ bertuliskan s-r-h di kolom CMD dengan kolom gambar bagian bawah. Setelah itu, tekan tombol ‘Enter’.

6. Pilih Kolom EaseUS Recovery

Terakhir, cara yang harus dilakukan adalah melakukan pengembalian data dengan menekan tombol EaseUS. Adapun pengembalian data melalui menu tersebut, bertujuan untuk merecovery data utama. Proses melakukan akses data tersebut dilakukan melalui penggunaan flashdisk.

Selanjutnya, proses shortcut bisa dilakukan dengan menekan bagian kolom format. Klik menu kolom FAT32 yang terletak pada quick format. Selanjutnya, klik ‘start’ dengan menekan tombol ‘download’ di bagian low level, dan setelah itu pilih menu file Autorun.

Setelah semua cara dilakukan, maka klik tombol finish. Dengan begitu, shortcut akan terhapus dalam laptop secara permanen. Jangan lupa, pastikan jika data yang tersimpan di dalam flashdisk telah kembali aman. Sehingga, pemakaian flashdisk bisa digunakan kembali.

Demikianlah informasi menarik seputar tentang cara mengatasi flashdisk shortcut dengan baik dan benar. Semoga saja info ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh pengguna agar bermanfaat di dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *