5 Urutan Cara Membuat Aplikasi Di Playstore Gratis, Mudah, dan Praktis

Posted on


5 Urutan Cara Membuat Aplikasi Di Playstore Gratis, Mudah, dan Praktis – Penggunaan telepon genggam mengalami kenaikan terus menerus, utamanya telepon pintar. Teknologi ini terus mengalami perkembangan baik di pengguna dan di pengembangan nya. Salah satu aspek yang membantu juga adalah keberadaan aplikasi dalam telepon pintar. Ada dua penyedia aplikasi terkemuka di dunia ponsel yaitu App Store dan Play Store. sejumlah aplikasi disediakan dalam bentuk gratis atau berbayar. Berikut ini akan membahas tentang cara membuat aplikasi di Playstore gratis.

Aplikasi-aplikasi yang berada di Play Store juga dapat dibuat dengan gratis. Hal ini tentunya memudahkan bagi perkembangan aplikasi yang bisa memudahkan kegiatan kesehariannya atau media hiburan. Oleh karena itu dalam pembahasan kali ini akan membahas sejumlah urutan cara yang bisa dijadikan panduan untuk membuat aplikasi secara mudah di platform Play Store.

1. Merancang Aplikasi

Hal pertama dan paling utama dalam cara membuat aplikasi di Playstore gratis adalah dengan merancang aplikasi. Ada macam-macam cara membuat aplikasi Android. Dua cara yang cukup umum adalah menggunakan sistem coding atau menggunakan aplikasi tambahan. Dari kedua cara tersebut menggunakan aplikasi pembantu atau tambahan jadi pilihan yang paling mudah. Saat ini sudah banyak aplikasi pembantu atau situs-situ yang menyediakan template aplikasi seperti Good BarBer, App Yet dan masih banyak lagi. Dari sini aplikasi dapat mulai dirancang sesuai keinginan.

2. Mematangkan Aplikasi

Rancangan aplikasi yang telah direncanakan kemudian bisa di-develop atau di kembangkan. Dapat disesuaikan sesuai template aplikasi pembantu yang telah dipilih. Atau juga dapat melakukan proses penyempurnaan terhadap coding dan sistem yang telah dibuat. Proses ini merupakan kelanjutan proses perancangan awal. Dalam proses ini pembuat aplikasi baik nya untuk memeriksa dan melihat masalah-masalah yang mungkin akan muncul. Sehingga jika ditemukan cacat maka akan lebih mudah untuk diperbaiki.

3. Memiliki Akun terdaftar di Google

Setelah memiliki aplikasi yang akan diunggah, hal yang diperhatikan selanjutnya nya adalah akun google yang dimiliki. Untuk hal ini bisa dilakukan dengan membuat akun Gmail dan menyambungkan ke seluruh produk google lainnya. Dan juga harus melakukan verifikasi akun yang sesuai. Nanti nya akun ini bisa digunakan untuk mendaftarkan akses utama dalam pembuatan aplikasi di Play Store.

4. Melakukan Registrasi Playstore

Selanjutnya adalah melakukan proses registrasi di Google Play Developer Console. Situs untuk melakukan registrasi ini bisa dicari langsung di Google. Masuklah dengan akun Google yang sudah terdaftar, kemudian ikuti Langkah-langkah yang diberikan. Dan juga perhatikan aturan-aturan yang telah dijelaskan. Selanjut nya akan ada pernyataan kesediaan memenuhi persyaratan atau “Accept Developer Agreement”. Setelah nya harus memenuhi persyaratan lain yang diberikan.

5. Mengunggah Aplikasi di Playstore

Setelah melalui proses registrasi maka sampai pada memasukkan aplikasi ke Play Store. pada bagian ini akan ada sejumlah menu yang bisa di pilih di “Dashboard”. Disini bisa memilih menu “Create Aplication”, dan mengisi sejumlah informasi tentang aplikasi yang akan dipublikasikan. Hal ini termasuk Default dan juga bahasa. Setelah nya bisa dilanjutkan dengan menekan “Create” untuk mengunggah aplikasi yang telah di buat. Kemudian tunggu proses selesai aplikasi dapat di unduh di Play Store

Itulah urutan cara membuat aplikasi di Playstore gratis. semoga info ini akan membantu untuk pengembang aplikasi yang berencana mempublikasikan aplikasi nya di Play Store. Atau juga bisa menambah pengetahuan tentang bagaimana aplikasi yang digunakan sehari-hari dapat ditemukan di toko aplikasi terkemuka Play Store. pembahasan di atas dapat dipertimbangkan lagi dengan cara lain nya, jadi selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *